Gejala Penyakit Lupus yang Umum Diderita Wanita

Posted by Ganas003 on 17.42 in ,


Lupus merupakan salah satu jenis penyakit yang dikenal sebagai penyakit 1000 wajah. Mengapa? Sebab penyakit kronis ini umumnya menimbulkan gejala dan tanda seperti penyakit lainnya sehingga sulit untuk dideteksi sejak dini. Agar tak terlambat, kenali dulu gejala penyakit lupus yang umumnya diderita oleh wanita.

Ruam di Wajah Mirip Kupu-Kupu
Ruam di wajah merupakan gejala penyakit lupus pertama yang perlu Anda waspadai. Umumnya raum akan muncul seperti kupu-kupu yang memanjang dari tulang hidung, tulang rahang, dan pipi. Jenis raum yang satu ini juga sering disebut sebagai butterfly rash. Hal ini biasanya terjadi akibat kulit mengalami sensitivitas terhadap cahaya.

Nyeri Otot dan Sendi
Nyeri ini biasanya muncul di pagi hari ketika baru saja bangun tidur. Tak hanya nyeri saja, sendi juga mengalami pembengkakan dan terasa kaku. Biasanya bagian yang mengalami nyeri yakni di pergelangan tangan, jari, dan buku-buku jari. Nyeri sendi akibat penyakit lupus umumnya hanya terjadi pada satu sisi tangan saja.

Nyeri Dada
Tahukah Anda jika penyakit lupus juga ikut memicu peradangan pada selaput yang melapisi jantung dan paru-paru. Kondisi ini tentunya akan membuat seseorang yang menderita penyakit lupus mengalami sesak napas dan nyeri dada.

Mudah Lelah
Lupus merupakan salah satu jenis penyakit yang mampu menyebabkan gangguan pada sel darah. Contohnya seperti jumlah sel darah putih yang terlalu rendah, sel darah merah yang rendah, hingga trombosit yang terlalu rendah sehingga bisa menyebabkan anemia. Hal ini tentu akan membuat tubuh menjadi tidak bergairah dan berbagai fungsi organ mulai terganggu.

Masalah Pada Ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang bisa mengalami komplikasi akibat lupus. Bahkan hal ini berkaitan dengan antibodi yang seharusnya melindungi justru malah berbalik menyerang tubuh. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Beberapa gejala yang mungkin terjadi seperti berat badan naik, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Gangguan Mental dan Fungsi Otak
Seseorang yang mengidap lupus tentunya sistem saraf pusat juga ikut terganggu. Hal ini tentu menyebabkan berbagai masalah mental seperti cemas, rasa takut, depresi, hingga kebingungan yang tak beralasan. Tak hanya itu, lupus juga bisa menyerang otak dan menyebabkan seseorang menjadi kejang dan kehilangan ingatan sementara.

Demam Seseorang yang menderita lupus biasanya juga sering mengalami demam di atas 38 drajat. Hal ini merupakan bentuk respons tubuh terhadap infeksi dan peradangan. Jadi jika tubuh Anda meningkat melebihi normal dan demam tak kunjung turun selama berhari-hari, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih tepat terhadap kondisi Anda saat ini.

Nah, di atas merupakan gejala penyakit lupus yang paling umum terjadi. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah lebih peka terhadap tubuh Anda sendiri. Jangan pernah ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami beberapa gejala yang muncul akibat berbagai hal yang tidak jelas.