Mengapa Anda Harus Beli Mobil Bekas Dibandingkan Mobil Baru? Inilah Alasannya!

Posted by Ganas003 on 01.07 in ,


Dengan banyaknya perusahaan leasing yang bermunculan di Indonesia, membeli kendaraan dengan cara kredit menjadi semakin murah. Bukan motor saja namun juga mobil kini bisa dibeli dengan uang muka yang ringan dan angsuran yang panjang. Persaingan antar perusahaan pembiayaan kredit membuat masyarakat bisa membawa pulang mobil baru dengan uang muka kurang dari sepuluh juta. Namun betulkah membeli mobil baru adalah solusi yang tepat? Bagi Anda yang belum stabil secara finansial, lebih baik beli mobil bekas saja secara cash atau tunai dibandingkan memiliki kewajiban bulanan yang bisa menyulitkan diri di kemudian hari.

Mengapa harus membeli mobil second dibandingkan mobil baru? Alasan yang pertama tentu saja masalah biaya atau harga. Harga mobil lama atau second pastinya lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru. Meski dibeli dengan cara kredit, kewajiban angsuran mobil baru tetap besar apalagi jika Anda membayarkan uang muka yang ringan seperti rayuan para salesman mobil atau leasing. Perbedaan harga antara mobil lama dan baru bisa mencapai 25% hingga 50% dari harga jual mobil baru. Angka yang cukup besar untuk melakukan penghematan yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya.


Selain masalah harga jualnya, pilihan mobil lama juga semakin banyak jika dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran terbaru. mobil baru hanya memiliki pilihan untuk mobil yang saat ini masih diproduksi saja. Sedangkan jika Anda memilih untuk membeli mobil bekas, maka pilihannya ada dari mobil yang masih diproduksi hingga ke mobil yang sudah tidak diproduksi lagi. Hal ini akan memberikan keleluasaan memilih karena Anda akan memiliki banyak sekali pilihan dengan range harga yang luas. Desain-desain mobil lama juga unik dan beragam untuk Anda yang menyukai modifikasi mobil.

Mobil lama memiliki body yang lebih kuat dibandingkan mobil baru. Sebut saja Isuzu Panther yang menggunakan body baja sehingga memberi keamanan dan perlindungan yang maksimal kepada penumpangnya. Sedangkan untuk mobil keluaran sekarang, menggunakan body plastik yang sangat mudah penyok. Hal ini bisa dilihat dari mudahnya mobil keluaran sekarang mengalami kerusakan parah akibat benturan ringan. Dengan body yang rapuh, perlindungan kepada penumpang juga akan berkurang. Namun kelebihannya tentu body mobil menjadi lebih mudah diperbaiki. Akan tetapi tentu saja tujuan keselamatan lebih utama.

Kelebihan membeli mobil second lainnya adalah Anda juga bisa membeli dengan cara kredit. Sekarang ini perusahaan leasing juga bisa membantu Anda untuk membeli mobil second dengan cara kredit. Namun ada batasan tahun produksi yang bisa dicover yaitu untuk mobil yang diproduksi sekitar tahun 2000an. Dengan membeli secara kredit, Anda akan lebih leluasa untuk memilih jenis mobil yang akan dibeli dengan tetap memperhatikan mengenai kewajiban pembayaran cicilan agar tidak membebani keuangan.

Jangan bayangkan membeli mobil second harus selalu mencari di satu per satu pemilik mobil yang ingin menjual mobilnya. Kini sudah banyak showroom mobil bekas yang bisa Anda jadikan tempat membeli mobil. Selain itu Anda bisa mencari dengan lebih mudah secara online di situs jual beli barang bekas.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, beli mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membeli mobil namun dengan dana terbatas. Mobil yang sudah pernah digunakanpun akan memiliki performa yang tak kalah hebat jika dirawat dan dipakai dengan benar. Mobil lama juga akan menjadi lebih cantik dan unik jika dilakukan modifikasi yang sesuai.